Festival Kesenian Yogyakarta Ke-27

posted in: Jogjapedia | 0

Festival tahunan Yogyakarta ini bakalan digelar di lokasi baru, dan pastinya dengan suasana yang lebih asik lagi.

Taman Kuliner Condongcatur bakalan jadi pilihan tempat acara ini digelar. Kenapa kali ini memilih tempat di Taman Kuliner Condongcatur? “Sebagai sebuah wilayah yang di satu bagian memiliki kondisi lingkungan urban, sementara pada bagian lain terdapat penduduk lokal yang masih dekat dengan kehidupan agraris, Condongcatur dapat jadi tempat yang tepat untuk menyerap dan mewujudkan visi dan misi FKY tahun ini” papar Ishari Sahida sebagai Ketua Divisi Program FKY.

 For this time FKY bertema kan DANDAN berasal dari kata “eDAN-eDAN”. Prosesi opening dari FKY ini sendiri bakalan diawali dengan “Pawai Edan-Edan” JAM 15.00 WIB, start pawai ini dari Jl. Kaliurang tepatnya di perempatan Mirota Kampus sampai perempatan Selokan Mataram. Sedangkan pembukaan FKY di Taman Kuliner Condongcatur mulai dari jam 19.00 WIB sampai selesai. Untuk keamanan dari pawai ini sendiri mulai dari jam 14.00 WIB bakalan ada penutupan sebagian ruas jalan dan pengalihan arus lalu lintas sampai selesai sekitar jam 17.30 WIB. Akan ada 1200 orang yang ikut dalam pawai ini, keren banget ya!

Selain di tingkat DIY, Festival Kesenian Yogyakarta ini juga diselenggarakan di tingkat kota dan kabupaten. Untuk FKY kota di Plaza Pasar Ngasem pada tanggal 1 – 4 September, FKY Gunungkidul di Alun-Alun  Wonosari pada tanggal 22 – 27 Agustus, FKY Sleman di Lapangan Sendang Adi Mlati pada tanggal 21 – 23 Agustus, FKY Bantul di Imogiri Sewon pada tanggal 20 – 26 Agustus, dan FKY Kulonprogo di Alun-Alun Wates pada tanggal 22 – 25 Agustus.

Ada beberapa program yang diselenggarakan di luar lokasi Taman Kuliner Condongcatur. Pameran PAPERU (Para Perupa Muda) “Laras Sinawang” yang digelar di Sasana Hinggil Yogyakarta, Jogjakarta Video  Mapping Project (JVMP) DI Panggung Krapyak dan gedung DPRD, serta Teater FKY oleh Kalanari Theatre Movement digelar di bekas gedung bioskop permata, Diskusi Seni di Taman Siswa, Panggung Edan-Edanan di jembatan baru yang bakal berlangsung selama 2 hari, dan Workshop di kampung-kampung yang berada di 5 titik.

Untuk pecinta sastra kali ini FKY 27 juga punya program Sastra dan ada pembacaan prosa yang salah satunya bakal di bacain oleh Naomi Srikandi, kira-kira ada 9 karya prosa yang dibacakan oleh 12 pembaca. Seniman yang akan menampilkan karyanya berjumlah sekitar 3900 seniman.

Makin penasaran gimana Festival Kesenian Yogyakarta tahun ini? Dateng aja langsung ke Taman Kuliner Condongcatur dari tanggal 19 Agustus – 5 September 2015. See you there!

teks : @woroAnggi | editor : @falafu