Facebook Dan Instagram Down

Dua raksasa media sosial, Facebook dan Instagram viral di jagad maya gara-gara down, Kamis pagi, 14 Maret 2019.

 

Down-nya Facebook dan Instagram ini, dilansir dari terjadi sejak Rabu siang, 13 Maret 2019 waktu Amerika Serikat dan menyebar hingga ke Indonesia, Kamis pagi ini.

 

Tidak bisa dibukanya Facebook dan Instagram ini kemudian menjadi trending topic di Twitter dengan dua tagar #FacebookDown dan #instragramDown.

 

Di akun resmi Facebook, media sosial ini juga mengakui ada masalah sedang mereka hadapi. Kini, mereka sedang fokus untuk memulihkan down tersebut diduga bukan serangan terhadap sistem DDoS.

 

Jejaring sosial populer yang masif itu mulai mengalami masalah meliputi Facebook, Facebook Messenger dan Instagram di seluruh dunia. Pemadaman layanan kali ini merupakan yang terpanjang yang pernah dialami Facebook. Layanan dua media sosial tersebut belum sepenuhnya pulih hingga sekarang.

 

Tidak jelas apa penyebab masalah down itu. Beberapa pengguna melaporkan melihat pesan mengatakan, situs tersebut mati karena “pemeliharaan yang diperlukan,” sementara yang lain bisa membuat jejaring sosial memuat secara singkat sebelum menemukan bahwa fungsinya terbatas.