ESSENTIAL OIL PUNYA SEGUDANG MANFAAT BUAT KESEHATAN

posted in: Depan | 0

851440846_92071_9827466231733738087

Emang sih nggak semua orang tau apa itu essential oil, tapi kalau kamu udah mulai kenal dijamin bakal semakin jatuh cinta sama minyak tumbuhan yang satu ini. Essential oil (EO) adalah minyak konsentrat dari tumbuhan, terbuat dari akar, batang, daun, atau bunganya. Jenis-jenis EO saat ini udah cukup banyak, contohnya peppermint, lavender, ylang-ylang, tea tree, eucalyptus, dan masih banyak lagi. Perlu kamu ketahui juga kalau nggak semua jenis tumbuhan bisa dijadikan EO ya, jadi harus hati-hati waktu mau membeli EO. Kadang ada orang iseng membuat semacam cairan dengan aroma buah-buahan dan bilang kalau produknya itu adalah  essential oil.

EO yang berasal dari 100% bahan dari alam tentunya punya banyak manfaat. EO bermanfaat bagi kesehatan badan secara fisik seperti menurunkan atau menaikkan tekanan darah, mengatasi sakit kepala, mengobati flu dan beberapa penyakit lainnya. Selain menjaga secara fisik, EO juga ngasih manfaat ketenangan jiwa lho, misalnya aja kayak menghilangkan stess dan menenangkan pikiran. Hal ini karena emang EO bisa ngasih aroma yang menyenangkan. Nah, dari aromanya itu bisa menimbulkan rasa releks dan tenang yang sebenarnya baik banget buat kesehatan.

Aku sendiri belum lama mulai berkenalan sama EO. Setelah membaca beberapa informasi di internet dan buku, akhirnya aku mencoba EO pertamaku dengan memilih peppermint, lavender, dan eucalyptus.

Cara penggunaannya juga gampang banget, seperti yang berikut ini:

  • Sebelum tidur, teteskan 2 tetes EO peppermint di bantal. Ini bisa membuat tidur nyenyak sampai alarm yang membangunkan, hehehe.
  • Kalau pulang kerja kena macet dan hujan deras, sampai rumah langsung mandi pakai air hangat dengan 3 tetes EO peppermint dan 3 tetes EO lavender bisa bikin badan jadi releks lagi.
  • Kamu bisa mencampur EO lavender dengan jojoba oil buat pengganti body lotion, atau kadang bisa dijadiin pengganti minyak rambut.
  • Kalau rasanya badan mulai flu, olesi EO eucalyptus dan jojoba oil di perut dan pungung sebelum tidur, badan jadi hangat dan bersin-bersin pun perlahan-lahan menghilang.
  • Olive oil dengan EO lavender atau eucalyptus bisa kamu gunakan buat memijat.
  • Air suling yang ditambah dengan EO lavender dan peppermint dalam botol spray bisa kamu pakai sebagai pewangi ruangan.
  • Setetes EO peppermint yang dioles di perut berfungsi buat meredakan nyeri datang bulan.

Nah, banyak banget kan manfaat dari EO? Yuk, mulailah move on dari produk berbahan kimia lain dan mencintai produk alami yang satu ini.

Kontributor: Ardha Kusuma

Editor: Denia