Dunia Rayakan World Book Day

posted in: Depan | 0

Akademia Jogja tau gak kalo hari ini adalah World Book Day atau Hari Buku Sedunia?

Hari Buku Sedunia ditetapkan oleh Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO) di tahun 1995. World Book Day adalah sebuah perayaan buku dan literasi yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia. Peringatan hari buku sedunia dimaksudkan untuk mengenang dan sebagai bentuk penghormatan bagi William Shakespeare and Miguel de Cervantes.Keduanya dikategorikan sebagai penulis dunia yang berjasa dibidangnya. Inilah sepenggal sejarah tentang awal mula dicetuskannya World Book Day.

Beberapa negara termasuk Indonesia masih memperingati Hari Buku Sedunia. Di Indonesia sendiri beberapa daerah merayakan Hari Buku, salah satunya adalah aksi berbagi buku. Selain itu, Hari Buku disambut antusias oleh publik. Hal ini terlihat dari banyaknya netizen yang menggunakan #WorldBookDay dan menjadikan hashtag tersebut menjadi trending topic di Twitter.

UNESCO memilih tanggal ini guna mendorong kepada setiap orang untuk menemukan kesenangan dalam membaca, khususnya kaum muda. Hari peringatan ini juga turut memberikan apresiasi kepada pengarang-pengarang besar yang telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan sosial dan kultural masyarakat.

Selamat Hari Buku Sedunia, Akademia Jogja!