Ditemukan Planet yang Sangat Mirip Bumi

posted in: Depan | 0

Akademia Jogja udah nonton film Interstellar? Di film itu, bumi bakal hancur dan manusia harus mencari ‘bumi’ baru. Nah, astronom baru aja nemuin planet yang mirip banget sama bumi nih. Jangan-jangan planet ini bisa jadi rumah masa depan kita, fufufu.

Planet ini didaulat sebagai planet alien/ekstrasolar yang paling mirip sama Bumi sampai saat ini. Planet ini mengorbit bintang di konstelasi Lyra dan terungkap lewat penelitian astronom dari Harvard Smithsonian Center for Astrophysics, yang kami lansir dari kompas.com.

Planet ini kemudian diberi nama Kepler 438b. Kalau dari ukurannya sih sedikit lebih besar dari Bumi. Kepler 438b mengitari bintang katai oranye dan menurut astronom planet ini menerima panas dari bintangnya 40 persen lebih banyak daripada Bumi menerimanya dari Matahari.

Karena ukurannya relatif kecil, astronom memperkirakan kalau Kepler 438b ini adalah planet batuan seperti Bumi. Dari sisi jarak, planet ini berada dalam zona Goldlilocks, jarak yang pas sehingga air dalam bentuk cair mungkin didapati. Kepler 438b berjarak 470 tahun cahaya dari Bumi. Yang menarik nih, satu tahun di planet itu sangat singkat, cuman 35 hari. Planet ini berevolusi terhadap bintangnya 10 kali lebih cepat dari Bumi.

Penemuan planet itu dipaparkan dalam pertemuan tahunan American Astronomical Society di Seattle, Selasa (6/1/2014). Sebelumnya, planet yang paling mirip Bumi adalah Kepler 186f dan Kepler 62f. Masing-masing berukuran 10 persen dan 40 persen lebih besar dari Bumi serta menerima cahaya 33 persen dan 41 persen dari yang diterima Bumi.