DESAINER INI GABUNGKAN HANBOK DENGAN BATIK KHAS JAWA TENGAH. KEREN!

posted in: Pop News | 0

Sebagai warisan budaya Indonesia, batik emang cocok banget dipake di berbagai kesempatan. Motifnya juga banyak dan unik. Makanya nggak heran kalo batik juga disukai sama orang-orang luar.

Saking terkenalnya, batik juga jadi inspirasi buat Cho Yun-Joo, seorang desainer asal Korea Selatan.  Nggak tanggung-tanggung, Cho Yun-Joo ini berhasil gabungin desain hanbok sama motif batik. Hasil karyanya ini udah dipamerin di Korea Festival 2017 yang diselenggarakan 24 September lalu. Wih, keren ya!

Biasanya kan, hanbok punya warna yang cerah ya dan hiasannya berupa garis-garis sederhana. Dulu hanbok emang dipake buat baju sehari-hari, tapi seiring dengan perkembangan zaman, hanbokjustru dipake untuk acara special aja. Misalnya nih kaya festival chuseok, ulang tahun pertama anak (doljanchi), pernikahan atau upacara kematian.

Nggak cuma penggunaannya aja yang berubah, tapi coraknya juga pasti berubah dong? Dan inilah yang dilakukan Cho Yun-Joo, bikin desain hanbok dengan corak batik khas Jawa Tengah. Bahkan desainnya ini sempet dipuji sama Asosiasi Korea-Indonesia lho.

Semoga aja dengan kolaborasi ini, pertukaran kultur antara Indonesia dan Korea Selatan bisa terus berjalan ya!

[GNFI]