DESA WISATA KETINGAN

posted in: Jogjapedia | 0

Berlokasi di Dusun Ketingan, Tirtodadi, Mlati, Sleman, Desa Wisata ini punya fenomena unik yang akhirnya bikin desa ini jadi spesial. Uniknya lagi, burung-burung ini cuma tinggal di Ketingan, nggak di dusun yang lainnya meskipun dusun-dusun yang berdekatan punya vegetasi yang sama.

Bagi para peneliti satwa dan pecinta burung, Ketingan adalah surga. Ada 7.000 ekor burung Kuntul di dusun ini. Warga disini tahu banget nih kapan kuntul-kuntul ini mencari makan, membuat sarang baru, musim kawin, musim menetas dan bermigrasi. Pada bulan September burung ini akan bermigrasi, meninggalkan Ketingan sementara, lalu pada pertengahan bulan Oktober, mereka kembali pulang untuk membuat sarang. Setiap masuk bulan September, di desa wisata ini juga diadain pagelaran wayang, kirab dan kenduri sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil bumi yang melimpah pun bisa kamu nikmatin. Akademia Jogja bisa tinggal disini untuk beberapa hari dan nyewa homestay Rp 75.000 / malam (3x makan). Kalo kamu nggak sempet dateng di bulan September, cobalah live in beberapa hari sebelum masa panen raya dan ikut merayakan Wiwitan atau syukuran sebelum masa panen padi, kamu juga bisa dateng sebelum masa tanam dan ikut tradisi angle, itu adalah acara selamatan sebelum masa tanam padi. Selain acara-acara tersebut, Desa Wisata Ketingan tetap terbuka buat kamu yang mau tahu dan belajar banyak tentang burung-burung ini.

Kalo ke dusun ini, jangan lupa untuk pake topi atau pelindung kepala ya, karna burung kuntul bisa buang kotoran dimana saja 😀

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | Yogyes.com