CANDI IJO

posted in: Jogjapedia | 0

candi ijoCandi Ijo adalah sebuah candi yang letaknya di Bukit Ijo. Nama candi ini diambil dari lokasi candi ini dibangun. Candi Ijo termasuk candi tertinggi di Jogja kalo dibandingin sama candi lain di Yogyakarta, karena bukit ijo ini punya ketinggian sekitar 357,402 m – 395,481 mdpl.

Wilayah Candi Ijo kalasan masih terletak diantara perbukitan yang sama dengan candi lainnya kayak Candi Ratu Boko, Candi Barong dan Candi Banyunibo yang letaknya di atas perbukitan kecamatan Prambanan. Menurut perkiraan sih, Candi Ijo ini dibangun sekitar abad ke-9 Masehi. Kalo kamu udah nyampe di area candi, di selatan kamu bakal ada sebuah lembah yang curam tapi cantik banget! Nah kalo kamu ke arah barat, kamu bisa liat Bandara Adisucipto.

Keunikan lain di Candi Ijo ini adalah bekas salah satu pondasi candi yang dipahat langsung dari bukit kapur dan tertanam di tanah. Beda sama pondasi candi pada umumnya yang udah tersusun dari batu-batu andesit. Kamu bakal nemuin dua batu prasasti di teras ke-8. Prasasti pertama tingginya 1 meter dan ada tulisan Guywan yang artinya pertapaan. Nah prasasti yang kedua tingginya 14 cm dan tebal 9 cm yang diperkirakan sebuah mantra kutukan bertuliskan 16 buah kalimat yang diulang – ulang berbunyi om sarwwawinasa, sarwwawinasa. Kedua prasasti ini sekarang udah disimpen di Museum Nasional Jakarta.

Kalo kamu ke Candi Ijo, kamu cukup isi buku tamu dan nggak ditarik biaya sama sekali untuk sekarang, rencanya Pemerintah Kabupaten Sleman mau menarik retribusi untuk masuk ke Candi Ijo.

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | njogja.co.id