CANDI BOROBUDUR

posted in: Jogjapedia | 0

Walaupun mainstream tapi pasti kalo pernah ke sini nagih lagi. Simpelnya dulu Masta terakhir ke sini itu kelas 5 SD. Udah sekitar 7 tahun yang lalu ya. Tanpa banyak alasan langusng aja weekend kemarin aku putusin buat ngunjungi lagi Candi Borobudur.

Begituu sampai tempatnya, aku udah lupa banget dulu kaya apa. Cuma inget waktu itu foto di sana dan sebelum pulang naik gajah dulu dan mampir ke museumnya. Sekarang ternyata udah beda banget. Udah lebih bagus daripada beberapa tahun yang lalu, hehehe.

Pertama kali yang aku liat waktu sampe di pintu masuk itu, tiketnya udah beda. Udah dibedain untuk pengunjung domestik dan internasional. Harga tiketnya Rp. 30.000. Menurutku sih murah aja karena Borobudur ituu masuk ke alam World Heritage. Coba deh kalo masuk ke World Heritage yang lain harganya berapa? Hahahahahah

Masuk seperti biasa kamu bakal di kasih kartu mirip kalo naik trans jogja gitu. Jalan sekitar 100 meter nanti ada peta yang bisa kamu liat ke arah manakah kamu akan berjalan. Ya sebenernya jalannya Cuma satu itu aja sih ya, nanti juga ada petunjuknya kalo ke arah candi. Heuheu

DCIM100GOPRO
DCIM100GOPRO

Di kanan kiri jalan menuju candi kamu bakal nemuin taman-taman yang luas banget. Nah di tempat itulah gajah-gajah berkeliaran. Weekend ini candi borobudur rame banget, mulai dari study tour sampe rombongan bule-bule yang entah liburan atau belajar sejarah. Ada juga rombongan yang doyan selfie.

Masuk ke area candi rame banget. Saran aja sih kalo ke tempat wisata internasional kaya gini mendingan jangan pas musim liburan atau weekend. Kalo nggak ya itu artinya kamu kudu bermodalkan kesabaran yang tinggi buat cari space tempat untuk foto atau sekedar pengen menikmati pemandangan aja.

Perjalanan keluar dari area candi kamu bakal disambut sama pedagang-pedagang kaki lima. Kamu juga bisa menikmati museum yang nyeritain banyak tentang borobudur.

Teks : Masta