CANDI BARONG

posted in: Jogjapedia | 0

candi barongDi Dusun Candisari, Sambirejo, Prambanan, ada dua candi kembar yang gagah berdiri. Candi Barong, tempat memuja Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang nggak lain adalah dewi kesuburan oleh masyarakat Hindu yang waktu itu bertani. Di masa itu masyarakat Hindu berharap anugerah kesuburan di atas bukit karst.

Menurut sejarah, candi yang dibangun abad ke-9 dan 10 ini sebenernya bernama Candi Suragedug. Tapi, hiasan kala atau sosok raksasa menyeramkan yang terpampang di pintu masuk candi berbentuk barong ngebuat masyarakat sekitar lebih seneng menjulukinya Candi Barong.

Barong di candi ini dalam mitologi Hindu, dipercaya sebagai makhluk penjaga kesucian bangunan. Selain barong, ornamen unik lain yang mempercantik candi ini adalah Ghana, si raksasa kerdil yang menopang relung candi.

Beda sama candi-candi lain sekitarnya yang punya ruangan di dalem candi, Candi Barong dibangun tanpa ruangan di dalemnya, cuma ada relung yang dulunya punya fungsi buat nyimpen arca. Waktu kamu menuju candi, kamu bakal ngrasain sisa-sisa kejeniusan masyarakat lokal masa silam. Pelatarannya yang luas dan lokasinya yang ada di atas bukit bakal ngasih sedikit celah bagi tiap orang yang dateng untuk nikmatin luasnya cakrawala.

Semakin sore, pemandangan di candi ini semakin cantik. Matahari makin bersahabat dan nggak terlalu menyengat. Apalagi angin sore yang bakal ngebuat kamu makin betah di candi ini, rasanya nggak bakal mau pulang buat nungguin matahari sampek bener-bener hilang.

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | Yogyes.com