Bripda Taufik, Polisi yang Tinggal di Bekas Kandang Sapi

posted in: Depan | 0

Biasanya polisi identik dengan kehidupan yang mapan, namun berbeda dengan Briptu Taufik. Polisi asal Yogyakarta bernama lengkap Bripda Muhammad Taufik Hidayat ini menjadi perbincangan karena kesederhanaannya.

Bripda Taufik memang berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya hanya kuli bangunan. Meskipun begitu, ia berhasil masuk dan bergabung ke korps Bhayangkara tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Polisi yang berdinas di Sabhara Polda DIY ini hidup dengan hanya mengandalkan gaji.

Tak hanya itu, Bripda Taufik bahkan tinggal di bekas kandang sapi.┬áBangunan berukuran 3×4 meter itu menjadi istana bagi Taufik bersama ayahnya Priyanto dan ketiga adiknya Muhammad Agus Prasetyo (kelas 2 SD), Muhammad Hafis Hidayat (kelas 3 SD) dan Latifah Nur Hidayah (kelas 1 SMK).

bripda2

Pria berusia 19 tahun tersebut juga harus berjalan kaki untuk berangkat dinas ke Polda DIY karena tidak memiliki kendaraan. Bripda Taufik harus berjalan sekitar 7 kilometer setiap harinya. Karenanya, ia pun beberapa kali terlambat sampai di kantor.

Bripda Taufik mengaku dengan menjadi polisi dirinya berharap bisa membantu ekonomi keluarga yang selama ini sangat pas-pasan. Sampai saat ini, ia sering belum percaya bahwa dirinya menjadi polisi.

“Saya senang, karena sekarang sudah benar-benar memasuki dunia nyata polisi.” Kini, Bripda Taufik tinggal di barak Dit Sabhara Polda DIY. Ia pindah ke sana agar tidak terlambat lagi. Di barak Dit Sabhara Polda DIY, Bripda Taufik tinggal bersama 100 orang teman-temannya.