Berusia 700 Tahun, Mumi Ini Ditemukan Sedang Pakai Batu Akik

posted in: Depan | 0

Akademia Jogja tau ‘kan kalau belakangan masyarakat Indonesia sedang hangat-hangatnya membicarakan cincin batu akik atau batu mulia lainnya? Usut punya usut, batu akik ternyata bukan barang baru yang ada di abad ini. Rupanya, batu jenis ini sudah sering dipakai kaum bangsawan bahkan sejak 700 tahun silam.

akik body

Hal ini berhubungan dengan penemuan arkeolog Tiongkok baru-baru ini. Arkeolog asal Negeri Tirai Bambu menemukan mumi yang diperkirakan sudah berusia 700 tahun dan diduga sudah mengenakan cincin batu akik.

 

Mumi yang digadang-gadang berasal dari Dinasti Ming ini diperkirakan merupakan bagian dari pejabat tinggi, Pasalnya, selain cincin mirip batu akik, mumi perempuan tersebut juga memakai cincin batu mulia seperti giok dan tubuhnya sendiri dibalut dengan kain sutra.

Awalnya, tim arkeolog menemukan sebuah batu yang berbentuk peti mati yang biasanya digunakan sebagai makam kuno ini di dekat Museum di Taizhou. Peti yang terbuat dari kayu itu terbungkus oleh batu yang diperkirakan juga sudah berusia ratusan tahun.

Wah, kalah start nih orang Indonesia!