Belalang Goreng Khas Gunung Kidul

posted in: Jogjapedia | 0

Kamu pecinta kuliner? Kamu wajib banget untuk cobain salah satu makanan unik yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Belalang Goreng atau Walang Goreng ini adalah makanan yang wajib kamu cobain pas kamu lagi main ke Gunung Kidul. Rasanya yang gurih dan renyah udah berhasil menghipnotis pecinta kuliner jadi ketagihan makan yang agak kurang lazim ini. Bagi masyarakat Gunung Kidul, belalang udah lama dijadikan lauk makanan kesukaan mereka.

Mungkin kamu salah satu orang yang ‘geli’ untuk nyobain belalang ini, tapi kamu tau nggak? Belalang ini hewan yang kaya akan protein lho, dan sebagian besar orang yang udah nyobain bilang kalo rasa dari belalang goreng ini nggak jauh beda sama udang.

Belalang yang diolah adalah jenis belalang kayu. Belalang ini banyak hidup di dahan pohon jati dan semak yang banyak tumbuh di kawasan Gunung Kidul.

Bumbu yang digunakan untuk menggoreng belalang cukup simple, yaitu bawang putih, tumbar, garam. Untuk rasa pedas manis tinggal ditambahin cabai.Sebelum digoreng, belalang harus dibersihkan dari kotoran yang ada di dalam tubuh belalang.Setelah itu belalang digoreng hingga kering, kemudian dimasak bersama bumbu cabai untuk rasa belalang yang pedas manis. Seluruh bagian tubuh belalang bisa dinikmati, termasuk kepala dan kakinya.

Ratusan penjual belalang goreng menjual panganan ini dalam kemasan toples dan dalam kemasan plastik. Di musim kemarau, satu toples belalang dihargai Rp 30.000, kalau musim penghujan harganya Rp 20.000. Kalau kamu mau bawa belalang goreng buat oleh-oleh, bisa banget nih! Karna olahan belalang goreng ini bisa bertahan sampe satu bulan.

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | Tribunjogja