Belajar Sejarah di Museum Kareta

posted in: Jogjapedia | 0

Siapa sih yang nggak tau Keraton Ngayogyakarta? Tempat ini pasti jadi tujuan wisata yang paling nge-hitz buat wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan arsitektur bangunan dan cerita sejarahnya pasti bakalan ngebuat semua orang berdecak kagum, salah satunya Kareta Karaton Ngayogyakarta.

Kareta Karaton Ngayogyakarta adalah sebuah museum yang ada di komplek keraton yang wajib banget kamu kunjungin. Meseum ini berisikan koleksi kereta kuda punya Keraton Kasultanan Yogyakarta yang dulunya kendaraan utama di lingkungan Keraton, kebayang kan betapa klasiknya?

Sampe sekarang kereta di museum ini masih sering dipakai kalo lagi ada upacara-upacara kebesaran di Keraton seperti upacara penobatan Sultan, pernikahan putra Sultan, atau mengantar jenazah Sultan ke tempat peristirahatan terakhir. Museum yang letaknya berseberangan dengan Bangsal Pagelaran, atau di sisi barat Jalan Rotowijayan, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Keraton, Yogyakarta ini dirintis pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwana VII. Dan saat ini jumlah kereta kudanya ada 23 kereta.

Saat bulan Suro, di museum ini diselenggarakan ritual jamasan, yaitu prosesi membersihkan kereta milik keraton tersebut yang dilakukan oleh para Abdi Dalem. Ritual ini selalu di sesaki oleh masyarakat, karena sebagian masyarakat percaya air bekas dari prosesi jamasan ini akan membawa berkah.

Untuk masuk ke museum ini kamu Cuma perlu merogoh kocek Rp 5.000 saja. Gimana penasaran ada kereta apa aja di dalem museum ini?

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | Tribunjogja