BEDANYA PENGGUNAAN “MISALNYA” DAN “MISALKAN”

posted in: Depan | 0

Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, tentunya kita harus bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar juga dong. Malu ah, masa cas-cis-cus berbahasa asing, tapi kok nggak tau aturan bahasa Indonesia sesuai EYD? Hehehe

Nggak papa, semua bisa dipelajari kok 😉

Contohnya nih, penggunaan kata “misalnya” dan “misalkan”. Ah, kayanya sama aja tuh penggunannya?

Eitsss jangan salah lho. Walaupun sekilas mirip, tapi sebenernya keduanya punya fungsi yang berbeda. Saking miripnya, banyak yang suka salah kaprah pake kedua kata ini. Duh!

Kata “misalnya” seharusnya dipake buat nyebutin contoh. Ya, sinonim dari contohnya atau umpamanya gitu deh. Sedangkan, kata “misalkan” seharusnya dipake buat pengandaian yang bersinomin sama kata andaikan dan umpamakan.

Masih bingung? Coba deh baca contoh di bawah ini 😉

  • Di Gunungkidul ada banyak pantai yang indah, misalnya Pantai Indrayanti, Pantai Drini, Pantai Baron, dll.
  • Misalkan saja aku nggak ngomong kaya gitu 🙁

Udah paham kan? Semoga infonya bermanfaat buat kamu ya, Akademia Jogja 😀

Flo | beritagar