Barang Pribadi Yang Harus Dibersihkan Secara Rutin

posted in: Lifestyle | 0

 

Membersihkan barang pribadi yang digunakan setiap hari sangat penting ya Akademia Jogja. Buat Akademia Jogja yang masih sering males untuk bersih-bersih, mulai sekarang ubah kebiasaan buruk kamu ya. Jika tetap malas bersih-bersih, lalu apa dampaknya? Apa aja barang yang harus dibersihkan secara rutin? Berikut penjelasannya

  1. Seprai dan Selimut

Disarankan untuk mencuci sarung bantal seprai dan selimut setidaknya seminggi sekali. Meskipun hanya kamu yang tidur di kasurmu, tempat tidur harus tetap dibersihkan secara rutin. Hal ini untuk mencegah melekatnya bakteri dan minyak dari bantal ke wajah. Karena setiap kali kamu tidur, kulit dan rambut meninggalkan minyak di bantal yang bisa menyebabkan jerawat, inflamasi dan iritasi di wajah.

  1. Handuk

Walaupun tubuh dalam keadaan bersih ketika selesai mandi, namun haduk yang digunakan untuk mengeringkan tubuh harus tetap dijaga kebersihannya. Handuk yang kita gunakan mengandung jutaan sel kulit mati. Jika tidak dikeringkan dengan benar, maka timbul bau tidak sedap. Handuk disarankan untuk dibersihkan setelah tiga kali pakai. Direkomendasikan juga untuk tidak menggunakan handuk yang sama dengan orang lain. Hal ini untuk menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit kulit dan juga mencegah bakteri masuk ke pori-pori.

  1. Kuas makeup

Kuas makeup yang digunakan setiap hari bisa mengandung penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri yang bisa merusak kulit. Kalau tidak bersih, perlengkapan makeup seperti itu bisa menyebabkan jerawat dan iritasi pada kulit wajah. Membersihkan perlengkapan makeup adalah cara untuk mencegah hal tersebut. Disarankan untuk menyemprotkan cleansing spray (pembersih khusus) ke kuas makeup satu kali seminggu dan bersihkan kuas makeup secara mendalam setiap sebulan sekali.

  1. Alat yang disentuh tiap hari

Barang yang kamu sentuh tiap hari seperti sakelar lampu, gagang pintu, laptop, bahkan juga handphone bisa mengalami penumpukan kotoran. Kamu bisa membersihkannya secara rutin seperti dilap. Kamu juga bisa mengelap handphone kamu dengan disinfektan setidaknya seminggu sekali.

  1. Kulkas

Kulkas adalah tempat menyimpan makanan, oleh sebab itu harus dijaga kebersihannya. Kamu bisa membersihkan kulkas 3 bulan sekali dengan mengeluarkan semua isi kulkas. Kulkas yang kotor dikhawatirkan menyebabkan makanan terkontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan meningitis, keguguran, hingga kematian.

Sumber : guesehat.com

Sumber gambar : teen.co.id