Banjir Promo di E-commerce, Ini Tips Belanja Tanpa Kuras Dompet

Di Akhir bulan Maret ini, diketahui banyak platform e-commerce yang memberikan tawaran promo dan diskon karena tengah merayakan ulang tahun, seperti Lazada, Zalora, JD.ID, juga Berrybenka. Namun, agar bisa berbelanja dengan nyaman tanpa khawatir kantong terkuras, tentu diperlukan beberapa tips khusus, setidaknya terdapat tiga hal yang harus dilakukan agar belanja di musim diskon tetap bisa menyenangkan, antara lain sebagai berikut.

 

1.Buat daftar barang yang diperlukan

Agar dompet tak terkuras habis saat ingin belanja, pastikan sudah membuat daftar barang yang perlu untuk dibeli. Melvin mengatakan, jangan sampai membelanjakan uang untuk barang-barang yang tidak diperlukan.

2.Cermat membaca ketentuan diskon

Tawaran promo dan diskon memang menggiurkan. Namun, jangan sampai Anda tidak cermat dalam membaca syarat dan ketentuannya, seperti nilai minimum transaksi dan metode pembayaran apa yang bisa mendapatkan diskon. Jangan sampai, Anda sudah mengalokasikan budget tertentu untuk berlenaja, namun nilai minimum transaksi untuk mendapatkan diskon melebihi alokasi belanja Anda.

 

3.Alokasikan anggaran khusus untuk belanja

Ketika Anda berbelanja, terlepas adanya diskon ataupun tidak seharusnya tidak mengganggu arus kas Anda. Sehingga, pengalokasian dana khusus untuk berbelanja menjadi penting. Melvin mengatakan, jangan sampai Anda menggunakan anggaran untuk kebutuhan lain seperti investasi, membayar premi asuransi, atau bahkan membayar cicilan untuk berbelanja.