Asal Warna Kembang Api

posted in: Depan | 0

Biasanya lebaran itu identik sama petasan dan juga kembang api yang bakalan rame banget dinyalain pas malam takbiran. Apalagi kalau kamu lagi ngumpul bareng sama keluarga besar dan banyak anak-anaknya. Pastinya kamu bakalan mainan kembang api, atau petasan buat ngeramein malam takbiran. Tapi, Akademia Jogja tau nggak dari mana asal berbagai macam warna yang ada di kembang api?

Ternyata,  warna yang ada itu tergantung sama bahan apa yang ada di dalam kembang api. Seorang profesor kimia di Universitas Washington, John Conkling ngungkapin kalau ledakan kembang api muncul dari campuran senyawalogam kecil yang jadi satu sama serbuk kembang api.

Logam-logam kecil ini juga ada yang besarnya sampai sebesar kelereng. Antara senyawa logam sama serbuk kembang api ini diramu secara terpisah dan yang nerbangin kembang api adalah serbuk itu tadi. Serbuk yang kebakar bikin senyawa logam ikut aktif, jadi pas kembang api terbang ke atas, terus diikutin sama suara ledakan senyawa logam, akhirnya bisa ngehasilin warna tertentu.

Harga senyawa logam ternyata mahal lho Akademia Jogja, terutama buat warna ungu sama biru yang susah banget dibikin. Jadi biasanya kembang api yang punya banyak warna pas meledak, harga nya juga bisa semakin mahal. Wajar aja kalau kembang api yang biasanya dipakai buat acara tertentu biasanya dibeli sampai harga jutaan. WOW!

teks: @deniathly | editor: @falafu | Sidomi