ASAL-USUL KATA DUIT YANG HARUS KAMU TAU

posted in: Depan | 0

“Duh, duitku tinggal dua puluh ribu doang nih,”

“Berapa duit sih?”

“Duitnya udah kamu bawa kan”

Kata duit pasti udah nggak asing kan di telinga kamu? Harusnya sih enggak. Kan tiap hari, hampir selalu kita dengerin bahkan ngucapin kata yang satu ini. Tapi, kamu tau nggak sih kata duit tuh asalnya dari mana?

Kata duit ini sebenernya berasal dari bahas Norse kuno Thveit yang artinya koin kecil atau kepingan-kepingan koin. Duit juga merupakan sebutan buat uang koin logam yang dipake buat perdagangan di wilayah Jerman Barat pada abad 17 sampe 18.

Nah, di Indonesia sendiri, kita baru kenal kata duit sejak jaman VOC. Terus duit ini umumnya terbuat dari tembaga. Tapi, ada juga sih yang dari perak atau emas. Hehe

Sampai sekarang, kata duit masih dipake buat nyebutin nama lain dari uang. Bahkan kata duit juga udah diserap ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia lho.

Flo | pinkkorset