ASAL USUL DICIPTAKANNYA MAKANAN TONGSENG

posted in: Depan | 0

Rasanya yang manis dan gurih, plus kadang juga pedas, emang bikin banyak orang ketagihan makanan olahan daging ini.

Tapi, kamu tau nggak sih kenapa bisa ada makanan tongseng?

Walaupun dikenal sebagai kuliner khas Jogja dan Jawa Tengah, tapi tongseng ini sebenernya terinspirasi dari kebiasaan para pedagang Timur Tengah berabad-abad yang lalu. Orang sana kan hobinya makan daging kambing atau domba tuh, makanya pas dateng ke Indonesia, kebiasaan ini pun ditularin ke masyarakat lokal.

7d76696ec822a4cea509b742a7ebca7d

Misalnya aja sate yang terinspirasi dari kebab. Bedanya, kalo kebab kering, sedangkan kalo sate dikasih bumbu kecap atau kacang. Nah, karena dagingnya udah habis diolah jadi sate, makanya sisanya tinggal jeroan sama daging kambing lainnya. Biar nggak kebuang, akhirnya ‘sisa-sisa’ ini diolah jadi gulai.

Tapi karena masyarakatnya kreatif ya, air rebusan kuah gulai ini juga ditumis atau dioseng-oseng lagi. Jadi deh tongseng! 😀

Katanya sih, daerah pertama yang bikin tongseng tuh Kecamatan Klego, Boyolali. Karena dulu penghasilannya sebagai tuh kurang, makanya pada beralih profesi jadi penjual sate sama tongseng, sampai sekarang.

Yang nggak kalah unik lagi, di Klego juga ada monumen penjual dengan gerobak sate dan tongseng pikul lho.

tongseng2

Wah, makin bangga deh sama kekayaan kuliner Indonesia! Btw kok jadi ngidam tongseng ya hehehe

Flo | tribunnews