ASAL MUASAL SATE KERE. PENGGEMAR SATE WAJIB TAU!

posted in: Jogjapedia, Lifestyle | 0

Pernikahan Kahiyang sama Bobby yang diselenggarakan Rabu (8/10) kemarin di Graha Saba Buana Solo emang narik perhatian banget ya. Apalagi prosesinya juga unik karena full pake adat Jawa.

Selain adat Jawa yang digunakan, di pernikahan Kahiyang-Bobby juga dihidangkan makanan khas Solo lho! Salah satunya adalah sate kere.

Bentar, bentar, kok namanya sate kere? Bukannya kere tuh artinya miskin ya?

Jadi ceritanya, dulu pas zaman penjajahan, banyak orang kaya yang doyan makan sate berbahan dasar daging. Nah, rakyatnya yang kebanyakan berada di perekonomian menengah ke bawah kan juga pengen tuh makan sate. Tapi harga daging kan mahal ya?

Saking pengennya makan sate, mereka nyoba-nyoba deh buat ngolah makanan. Maka jadilah itu sate yang berbahan dasar ampas tahu. Biar makin keliatan kaya sate, mereka juga nambahin jeroan di setiap tusuknya.

brilio

 

Biar makin mirip sama sate, bumbu yang diapke juga sama persis, yaitu bumbu kacang.

Udah pernah nyobain sate kere belum gaes? Cobain deh, enak lho 😀

[travel.tribunnews]