Apple Rilis Jam Tangan Pintar ‘Apple Watch’

posted in: Depan | 0

Buat akademia Jogja pecinta gadget, ada produk baru keluaran Apple nih yaitu Apple Watch. Apple akhirnya resmi meluncurkan Apple Watch dalam sebuah acara yang digelar di Yerba Buena Center for the Arts, San Francisco, California, AS, Senin (9/3/2015) waktu setempat atau Selasa (10/3/2015) dini hari WIB.

Jam tangan pintar perdana dari Apple ini tersedia dalam dua model ukuran, yaitu 38mm dan 42mm. Selain itu, Apple Watch juga terbagi menjadi tiga versi, yaitu Sport, Regular, dan Edition. Harga pun bervariasi, mulai harga termurah dari $349 (Rp4,5 juta) untuk versi Apple Watch Sport 38mm dan termahal $17.000 (Rp222 juta) untuk Apple Watch Edition.

Apple Watch versi Sport, unit arlojinya terbuat dari bahan aluminum alloy dan talinya dari bahan yang tahan benturan dengan dua pilihan warna, silver dan abu-abu. Sementara untuk versi Regular, unit arloji menggunakan berbahan stainless steel dengan beberapa variasi bahan tali dengan dua pilihan warna, silver, dan hitam. Untuk versi Edition, unit arlojinya berbahan emas 18 karat dengan dua pilihan warna,  rose gold  dan  yellow gold.

Apple Watch mengusung teknologi Apple baru yang disebut Digital Touch. Dengan teknologi ini, pengguna bisa menggambar atau menulis pesan di layar jam tangan mereka dan bisa ditampilkan di layar jam tangan teman secara sama persis. Mereka juga bisa menambahkan teman dengan hanya menekan tombol di sisi samping  smartwatch. Apple Watch menggunakan sistem operasi baru bernama Watch OS. Jam tangan pintar Apple ini juga diklaim memiliki ketahanan baterai selama 18 jam.

Untuk memanfaatkan Apple Watch, pemakai harus memiliki iPhone 5 atau versi terbaru yang telah memakai iOS 8.2 dengan aplikasi Apple Watch terpasang. Melalui aplikasi tersebut, pemakai bisa menjelajah dan mengunduh aplikasi ke jam tangan tersebut, seperti Instagram, WeChat dan Uber. Apple Watch juga mendukung Siri yang diaktifkan melalui sentuhan di tombol mahkota jam atau menggunakan panggilan “Hey Siri”. Apple Pay juga ditanamkan di jam tangan pintar tersebut.

Fans Apple yang berminat ingin membeli Apple Watch bisa melakukan pemesanan secara  pre-order  mulai 10 April 2015. Sementara penjualan perdana Apple Watch dijadwalkan pada 24 April mendatang. Penjualan perdana tersebut baru dilakukan di beberapa negara saja, yaitu AS, Inggris, Tiongkok, Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Hong Kong