Angka Gangguan Jiwa dan Indeks Kebahagiaan di Jogja Fantastis

posted in: Depan | 0

Menurut riset World Bank, kota Yogyakarta memiliki indeks kebahagiaan nomor satu se-Indonesia yaitu 81.09%. Nah, tetapi ternyata gak hanya indeks kebahagiaan saja nih yang fantastis. Ternyata angka gangguan jiwa di Yogyakarta juga sangat tinggi

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Yogyakarta, Arida Oetami, angka gangguan jiwa berat di Yogyakarta ternyata juga nomor satu se-Indonesia. Dengan angka 2,7/1000 angka tersebut sangat banyak jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Jogja yang berada di angka Rp 3,5 juta penduduk. Jika kedua angka ini dikalikan maka didapatlah jumlah orang dengan gangguan jiwa berat di Yogya yaitu 9000 jiwa.

Dua data yang sangat bertolak belakang tersebut mendapat komentar dari anggota Komisi D DPRD Jogjakarta, Zuhrif Hudaya. Ia mengaku  heran dengan tingginya angka gangguan jiwa tersebut. “Di satu sisi angka harapan hidup dan kebahagiaan kita tertinggi di Indonesia, namun angka gangguan jiwa juga tertinggi. Ini merupakan anomali,” jelasnya dilanir dari beritajogja.com.