ALASAN KENAPA KITA SUKA BERGOSIP

posted in: Depan | 0

Hayooo, ngaku deh. Nggak cowok atau cewek, pasti Akademia Jogja pernah ngegosipin orang lain kan?  Emang sih, bergosip tuh nggak selalu negatif. Tapi ya namanya ngomongin orang lain, belum tentu bakal diterima dengan baik sama orang yang bersangkutan.

Tapi, kenapa sih kita tuh happy-happy aja waktu bergosip?

happy ngegosip

Menurut Gwendolyn Seidman, Ph.D. dari Albright College, bergosip tuh sebenernya bagian dari upaya kita buat berinteraksi sama orang lain. Malahan, banyak antropolog percaya kalo sejak dulu bergosip udah jadi kebiasaan lho. Dan ini terjadi secara alamiah gitu mengingat manusia kan, umumnya suka pengen tau kehidupan orang lain alias kepo.

Tapi, kadang bergosip malah jadi sarana buat ngucilin orang lain yang nggak sependapat sama kita. Ibaratnya, kita tuh jadi hakim karena bisa nilai mana yang benar dan salah atau mana yang baik dan nggak baik versi kita.

Jadi, meskipun kamu udah berusaha mati-matian buat nggak ngegosip, tetep aja kamu nggak bisa berhenti gosip. Soalnya disadari atau enggak, 80% percakapan kita sehari-hari tuh mengandung gosip lho.

Tapi yang harus diinget adalah jangan jadiin gosip buat jatuhin orang lain ya. Apalagisampe nyari-nyari kesalahn orang yang bersangkutan. Duh, ini sih cari musuh namanya 🙁

Flo | beritagar