Air Terjun Bertingkat, Nglanggeran.

posted in: Jogjapedia | 0

Kawasan alam pegunungan karst di Gunungkidul, nggak bakalan habis deh kerennya. Salah satu keindahan alam tersembunyi yang baru-baru ini banyak dibicarakan ialah air terjun Kedung Kandang yang berada di kawasan Gunung Butak, Dusun Nglanggeran, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Air terjun Kedung Kandang sendiri merupakan air terjun setinggi kurang lebih 25 meter yang mempunyai keunikan berupa struktur yang bertingkat-tingkat.

Tipe air terjun yang sangat jarang ditemui inilah yang udah ngebuat banyak orang penasaran dengan air terjun yang terletak di sebelah selatan kaki bukit Gunung Api Purba Nglanggeran ini. Dan nggak cuma pemandangan air terjun yang unik, kamu yang datang ke tempat ini juga bisa nikmatin pemandangan perbukitan dan lembah yang asri. Di sepanjang lembah itulah kamu bisa menyaksikan areal persawahan penduduk yang kelihatannya dibuat bertingkat-tingkat mengikuti struktur tanah.

Dari tempat parkir, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 1,5 km untuk bisa sampai ke air terjun Kedung Kandang. Trek yang bakalan kamu tempuh lumayan curam, hal ini karena tempat parkir atau pintu masuk jalur utara ini berada di atas atau belakang air terjun Kedung Kandang.

Dari lokasi parkir tempat ini, kamu udah bisa melihat keindahan air terjun Kedung Kandang dari kejauhan lho!

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | KR Jogja