7 PROFESI PALING DICARI DI INDONESIA

posted in: Depan | 0
Designer sketching
Designer sketching

Lulus kuliah mau ngapain? Mayoritas dari kamu pasti ya pengen kerja dong yah, bahkan ada yang udah ngerintis karier dari sebelum officially jadi Sarjana. Kalo dulu banyak orang yang kepengen jadi dokter, guru atau bahkan arsitek, dan bikin profesi ini jadi popular banget, seiring berkembangnya zaman kepopuleran profesi ini mulai kegeser loh sama profesi lain yang lebih dicari di pasar kerja Indonesia. Apa aja? Ini dia!

Software Engineer

Online business emang makin menjamur di mana-mana, bayangin dong, sekarang perusahaan mana coba yang nggak pakai jalur komunikasi online juga buat menjangkau pasarnya. Itu kenapa progesi software engineer sekarang makin dicari. Karena bisnis start up nggak bakalan bisa jalan tanpa orang-orang yang ahli di bidang ini, mereka yang jago nge-design software berbasis aplikasi mobile dan juga teknik coding paling dicari nih sama job recuiter.

Data analyst

Tau nggak sih Akademia Jogja, banyak perusahaan yang ngucurin dana puluhan sampai ratusan juta rupiah buat analisis data yang mereka punya. Kelihatannya emang nggak begitu penting, tapi hasil dari analisis inilah yang bisa dijadi acuan pasti pengambilan keputusan bagi perusahaan, dan bikin perusahaan nggak perlu ngulangin program yang failed yang bikin mereka harus keluar lebih banyak dana lagi. Itu kenapa profesi ini jadi makin most wanted banget.

Tenaga pariwisata

Perkembangan pariwisata di dalam negeri emang lagi oke banget nih, terbukti kalau bisnis wisata kuliner aja udah jadi penyumbang pendapatan kedua terbesar setelah bisnis fashion di Indonesia. Nggak heran dong kalo tenaga kerja di bidang pariwisata emang lagi naik daun. Profesi yang popular mulai dari travel agent, pilot, pramugari, juga perhotelan dan koki.

Akuntan

Karena ada MEA, investor bisa lebih gampang buat ngebuka perusahaan di Indonesia. Dan jelas akuntan jadi profesi yang nggak mungkin nggak dibutuhin sama perusahaan. Itu yang jadi faktor pendorong demand buat profesi ini.

Freelance writer

Banyak banget orang yang hobi nulis, tapi nggak semua orang adalah penulis yang baik. Tapi FYI Akademia Jogja, se-enggak sukanya kamu sama dunia tulis menulis, kamu tetep harus belajar untuk bisa menyusun kata efektif dengan baik dan benar. Karena nggak ada pekerjaan di perusahaan yang nggak pake skill writing, karena setiap publikasi yang dikeluarin bakalan berisi konten. Belum lagi online media yang makin ngejamur, yang bikin pekerjaan yang satu ini lagi banyak dibutuhin.

Fotografer

Kalo dulu kerjaan ini bisa dibilang kurang popular dan nggak bisa kasih penghasilan yang jelas, tapi sekarang well, bisa dibilang nggak ada fotografer yang oke—yang nggak tajir. Mulai dari bisnis wedding photography, culinary, anything—sekarang foto adalah konten yang nggak bisa ditinggalin dan dipandang sebelah mata. Makanya banyak orang jadi fotografer dadakan.

Design grafis

Yes, jurusan yang satu ini juga makin popular di kalangan anak muda. Karena profesi ini bisa dibilang perkembangannya lagi oke banget. Apalagi design yang berhubungan dengan produk. Walau pun nggak jarang sih orang tua yang masih bingung, sebenernya anak design itu belajar ngapain.

Well, itu dia beberapa profesi yang lagi popular banget di Indonesia, dan emang lagi dibutuhin banget di dunia kerja. Info ini juga bisa bermanfaat buat kamu yang baru mau pilih cita-cita nih, baru mau persiapan buat memasuki dunia kuliah 😀

teks: falafu

source: cosmopolitan