5 ATURAN UNIK DI JOGJA YANG (MUNGKIN) BELUM KAMU TAU

posted in: Depan | 0

Tiap daerah pasti punya aturan unik yang dipercaya sebagian besar masyarakatnya. Meskipun kadang suka nggak bisa dinalar alesannya. Hehehe. Misalnya aja di Jogja yang emang banyak banget mitos mistis yang beredar di sini. Hiiiii

  • Sultan nggak boleh lewat Plengkung Gading. Plengkung atau gapura pintu Keraton ini letaknya di sebelah selatan Alun-Alun Kidul. Uniknya, Plengkung Gading ini merupakan satu-satunya pintu keluar buat raja yang udah mangkat atau wafat. Makanya, konon selama hidup Sultan nggak dibolehin lewat sini. Ya, kamu pasti tau lah alesannya 🙂
  • Nggak boleh pake baju hijau di Parangtritis. Mitosnya, kalo kamu pake baju hijau bakal dijadiin ‘tawanan’ gitu sama Nyi Roro Kidul. Soalnya doi kan suka tuh sama warna hijau. Makanya doi nggak pengen ada orang lain yang pake baju warna itu. Pokoknya yang boleh cuma doi.
  • Orang Gunungkidul kalo ngulek sambel pasti menghadap selatan. Katanya sesepuh-sesepuh, hal ini dilakuin buat ngehormatin Nyi Roro Kidul.
  • Pengantin sama orang sakit nggak boleh lewat perempatan Palbapang. Perempatan yang ada di Desa Palbapang, Bantul ini juga punya aturan unik yang sebenernya susah dinalar sih. Hehe. Jadi, konon kalo pengantin atau orang sakit lewat sini harus ngelepas ayam jago. Tapi daripada ribet yak, mending cari jalan lain aja deh.

Flo | brilio