PENGANUT KEPERCAYAAN APAPUN SEKARANG BISA MENCANTUMKAN AGAMA DI KTP DAN KK

posted in: Pop News | 0

Seperti yang sudah diketahui selama ini, kolom Agama yang ada di KTP hanyalah agama-agama yang secara resmi diakui negara yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghcu. Hal ini membuat beberapa masyarakat Indonesia yang punya kepercayaan di luar itu harus mengisi kolom agama dengan tanda “strip” yang justru menyusahkan mereka saat mau melamar pekerjaan karena adanya diskriminasi soal agama. Karena kebanyakan perusahaan akan menerima karyawan dengan agama yang benar-benar tertulis resmi.

Buat menghentikan diskriminasi yang selama bertahun-tahun terjadi ini, akhirnya pemerintah Indonesia resmi mengabulkan gugatan dari penganut kepercayaan buat dua pasal di UU Administrasi Kependudukan tentang mencantumkan agama di KTP dan KK. Keputusan ini nantinya juga akan diikuti sama Kementrian Agama.

FYI, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di Indonesia sampai saat ini ada 187 kepercayaan yang kesebar di 13 provinsi. Penganut kepercayaan yang aktif jumlahnya ada 160 aliran yang kesebar di 12 provinsi. Bahkan, di Jawa Tengah aja sampe ada 48 aliran kepercayaan

[GOGIRL MAGAZINE]