Jogja Fact: Lambang Kraton Jogja

posted in: Depan | 0

Akademia Jogja pasti familiar kan dengan lambang di atas? Yup, lambang tersebut adalah lambang dari Kraton Yogyakarta. Nama dari lambang Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah Praja Cihna. Yuk, kita gali beberapa fakta menarik tentang lambang Kraton ini!

Arti

Praja Cihna bermakna harfiah sejati sebagai seorang abdi negara. Lambang kraton Yogyakarta ini juga punya banyak makna filosofis.

Filosofi warna

Warna hitam di lambang kraton Yogyakarta punya arti simbol keabadian, warna kuning berarti keluhuran, dan warna merah melambangkan keberanian.

Lambang aksara Jawa

Di lambang kraton Yogya ada aksara jawa “ha” dan “ba” singkatan dari “hamengkubuwono” atau memangku atau mengayomi bumi.

Lambang rumah dan mahkota

Kraton Yogya dilambangkan seperti sebuah bangunan atau rumah, untuk dapat mengayomi atau melindungi penghuni di dalamnya

Mahkota dalam lambang Kraton bermakna simbol kepemimpinan. Kemudian untuk sayap, melambangkan sebagai pelindung menuju tatanan pemerintahan yang lebih baik.

Ukuran

Ukuran perbandingan lambang Praja Cihna ini berukuran 18:25. Angka perbandingan lambang Kraton ini untuk memperingati tahun permulaan perjuangan Pangeran Diponegoro di Yogyakarta (yaitu pada tahun 1825)