INI ALASANNYA TIRAI PESAWAT WAJIB DIBUKA

Saat bepergian menggunakan transportasi udara alias pesawat terbang, biasanya salah satu instruksi yang diberikan oleh pramugara dan pramugari pesawat tersebut adalah membuka tirai pada jendela pesawat terbang, terutama saat take off dan landing. 

(Pic via detiktravel/thinkstock)

Bagi sebagian penumpang mungkin merasa terlalu silau dengan cahaya dari luar atau mau langsung tidur selama penerbangan, sehingga langsung menutup tirai jendela begitu sampai di tempat duduk. Tapi taukah kamu, kalau membuka tirai jendela pesawat itu penting terutama untuk keselamatan penerbangan?

Baik itu penerbangan siang maupun malam, tirai jendela pesawat wajib dibuka supaya jika pesawat akan melakukan pendaratan darurat atau keadaan darurat lainnya, penumpang bisa langsung melihat ke luar. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso, dengan tirai jendela yang terbuka, ini mempermudah penumpang untuk dievakuasi. Ditambahkan pula, masalah pada penerbangan kemungkinan besar terjadi saat lepas landas dan mendarat. Itulah kenapa penumpang wajib membuka tirainya pada saat mau lepas landas dan mau mendarat. (dms)

Sumber : Detik Travel